Hallo. sahabat semua kali ini saya akan bagikan sedikit trik untuk kamu yang membeli mesin printer DTG ( Direct To Garment ) di printer-dtg.net agar printer yang kamu miliki bisa awet dan bekerja lembur setiap hari biar omset kamu makin naik setiap harinya. 

Berikut adalah beberapa tips Cara Merawat Mesin Printer DTG Supaya Awet :

Yang pertama mengenai perawatan tinta putih, tinta putih digunakan sebagai warna dasar pada kaos yang bermotif gelap. Berikut Cara Merawat Tinta Putih.

tinta putih

Suhu dan kelembaban ruangan sangat penting dalam operasional mesin printer DTG karena tinta yang digunakan oleh printer DTG bukanlah seperti tinta printer kertas pada umumnya. Tinta printer DTG memiliki karakter akan menjadi karet apabila kering atau terkena suhu yang terlalu panas. Suhu yang disarankan untuk Printer DTG adalah antara 25-29 derajat Celcius.

Maintenace Software

Setiap anda baru menyalakan printer wajib Head Cleaning dan Nozzle Check perlu dilakukan apabila mesin printer DTG tinta putih Dupont USA sudah didiamkan lebih dari 3 Hari (dilakukan cleaning kalau hasil benar-benar tidak bagus) ini dilakukan agar sisa-sisa tinta tekstile tersebut tidak  semakin mengeras menjadi seperti karet dan lama-lama bisa mengganggu operasional dari printhead printer DTG sehingga otomatis hasil cetak dari printer DTG tersebut akan semakin menurun kualitasnya.

Berikut beberapa bagian mesin printer DTG yang perlu dibersihkan secara rutin:

1. Capping Station

capping stations

Capping station berfungsi untuk head cleaning dan juga untuk menjaga print head selalu vakum / kedap udara pada waktu printhead parkir di sebelah kanan. Jika printer dtg sering dipakai maka akan terbentuk sisa-sisa tinta yang mengering di karet pinggir capping station tersebut. Dan apabila sudah menumpuk terlalu banyak, posisi capping station tidak bisa menjaga kevakuman printhead dengan optimal. Oleh karena itu karet pinggir capping station harus rutin dibersihkan bersamaan dengan waktu head clening selesai.

Permukaan bawah Printhead

head print

Printer dtg semakin sering dipakai maka permukaan bawah printhead juga akan ada sisa-sisa tinta dan serat kain yang menempel di pinggiran printhead printer DTG. Anda  juga harus rutin membersihkan permukaan bawah printhead terutama pinggirannya. caranya tidak perlu dilepas tapi dengan cara melepas kunci print head dari capping station seperti ini caranya tekan tombol tinta beberapa detik lalu print head akan bergeser ke tengah sebelum kembali ke capping stations matikan atau lepas kabel power sampai printer mati dengan keadan head berada di tengah setelah itu bersihkan dengan tisu dengan cara di totol totol saja jangan di gosok atau di usap dan jangan lupa Hati-hati jangan sampai permukaan printhead tergores.

Encoder Strip

encoder stip

Fungsi Encoder strip adalah pita yang berada di belakang mangkok head print sebagai petunjuk jalan bagi printhead. Apabila Encoder strip terlalu kotor maka sensor di printhead printer DTG yang membaca encoder strip tersebut akan bingung dan jalannya printhead jadi kurang teratur. Masalah yang sering terjadi apabila Encoder strip terlalu kotor adalah hasil cetak berbayang kiri kanan atau yang paling parah akan sering terjadi General Error. Bersihkan Encoder Strip setiap minggu dengan menggunakan kain atau tisu yang diteteskan head cleaning.

Berikut yang bisa kami sampaikan tentang bagaimana menajdi user yang handal untuk mesin DTG , namun jika perawatan dan perlakuan mesin dtg anda tidak benar bisa membuat mesin tidak berfungsi dan parahnya head buntu dan tidak difungsikan. Tidak heran pemain DTG komplain vendor karena ngadatnya mesin, teknisi support untuk DTG penting, tapi alangkah baiknya si USER menguasai produk, merawat dan memperhatikan sendiri. Semoga bermanfaat…….!!!

Tips & Trik Merawat Printer DTG

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *