Salam Sahabat…

Dalam kesempatan kali ini saya akan share cara printing ke media kaos dengan bahan dasar katun. Menggunakan teknik print langsung ke media kaos. Menggunakan printer DTG.

DTG = Direct To Garment.

Persiapan nya antara lain :

Printer DTG.

Umumnya perkembangan teknologi di bidang DTG printer di Indonesia masih menggunakan printer Epson yang di modofikasi menjadi printer DTG. Baik itu printer dengan ukuran A4 atau pun ukuran A3. Adapun ukuran yang lebih besar lagi hingga saat ini masih jarang, bukan berarti tidak ada.

Mengapa biasanya mengunakan printer Epson? Sebab printer tersebut lebih mudah di buat sistem infus di banding dengan merekan lain. Printer DTG biasanya menggunakan sistem infus, mengingat tinta DTG lebih kental dibandingkan dengan tinta berbasis air.

Kaos Polos.

Kaos polos yang dapat di print menggunakan printer ini adalah kaos yang berbahan katun (cotton combed). Tingkat ketabalan kaos tidak berpengaruh pada hasil cetak. Sebaiknya pilih jenis kaos yang katun murni/katun 100%. Kaos dengan bahan tersebut adalah yang terbaik untuk print DTG.

Komputer/laptop.

Digunakan untuk mengolah gambar, pengaturan gambar/design sebelum masuk tahap printing.

Software.

Software/perangkat lunak yang digunakan umumnya adalah AcroRIP. Terdapat dua pilihan printing yang disediakan oleh software tersebut. Yaitu :

  1. AcroRIP = Untuk printing kaos terang. Tidak adanya fasilitas output untuk tinta putih.
  2.  AcroRIP White = Terdapat fasilitas output tinta putih, ini digunakan untuk printing kaos gelap. Yang mana printing pada media kaos gelap harus ditutup dulu dengan tinta putih, untuk selanjutnya di tutup lagi dengan tinta CMYK (jika printing warnanya CMYK).

Download saftware AcroRIP 7.0 klik link disini.

Update versi terbaru mungkin tersedia untuk saat ini. Silakan cari sendiri di internet.

Jika tahap persiapan diatas sudah dipenuhi, maka lanjut ke tahap berikutnya, yuk lanjut :

  • Masukkan kaos sedemikian rupa ke tray printer. Atur posisi sedemikian rupa agar sesuai.
  • Buka software AcroRIP, disini saya hanya menggunakan AcroRIP untuk print kaos gelap, Jadi saya gunakan AcroRIP White. Printer basic nya Epson R230 ukuran A4.
Tampilan awal AcroRIP White :
 
  •  Buka file/design yang akan di print ke kaos.File -> Open -> pilih file -> Open.
  • Pada Layout (anak panah merah) atur :
    lebar = 21 cm.
    Tinggi = 40 cm.
Lebar design dan tinggi design disesuaikan dengan design. Jangan melebihi Lebar dan Tinggi. Align & Distribute sebaiknya pilih rata tengah dan posisi di atas/posisi X=0. Atau tergantung kebutuhan. Seperti gambar dibawah ini :
Print Kaos Dengan Printer DTG

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *